Seputar Indramayu
Peringati Hari Kartini dan Buruh, DPPKB Indramayu Bagikan Pemasangan Alat KB Gratis Untuk Pekerja Perempuan

Peringati Hari Kartini dan Buruh, DPPKB Indramayu Bagikan Pemasangan Alat KB Gratis Untuk Pekerja Perempuan

DISKOMINFO INDRAMAYU – Banyak hal untuk memperingati Hari Kartini dan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 21 April dan 1 Mei. Meskipun baru sekarang dilakukan, hal itu tidak mengurangi nilai dan makna peringatan tersebut, terlebih untuk mengangkat harkat dan martabat para perempuan dan pekerja.

Salah satunya seperti yang dilakukan di Kabupaten Indramayu. Peringatan Hari Kartini dan May Day dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuam dan Keluarga Berencana (DPPKB) bersama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Indramayu dengan memberikan pelayanan pemasangan alat KB secara gratis kepada para pekerja di pabrik PT Java Seafood yang berada di Kecamatan Kandanghaur, Selasa (5/5/2021).

Kepala DPPKB Kabupaten Indramayu, Trinani Rochaeningsih kepada Diskominfo menjelaskan, pemasangan alat kontrasepsi bagi para pekerja perempuan di lingkungan pabrik ini baru dilakukan saat ini. Kegiatan tersebut merupakan hal yang sangat luar biasa sehingga dapat melindungi para perempuan apalagi dengan kesibukannya sebagai pekerja pabrik.

“Selama ini pelayanan aseptor KB berbasis desa/kelurahan. Namun dengan adanya aseptor KB berbasis pabrik ini sangat bagus apalagi mayoritas pekerjanya kaum perempuan,” kata Trinani.

Selanjutnya, pelayanan terhadap aseptor KB berbasis pabrik ini bukan saja bertepatan dengan momentum Hari Buruh Internasional semata. Namun bisa dilakukan secara berkesinambungan dengan momentum lainnga.

“Jika ada pabrik atau perusahaan yang mau melaksanakan pemasangan alat kontrasepsi bagi para pekerjanya, kami sangat siap dan kami siap datang ke lokasi,” katanya.

Sementara itu Kepala Diskopindag melalui Kepala Bidang Perindustrian, Komaryadi menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di Jawa Barat di berbagai pabrik di kabupaten/kota.

“Para pekerja perempuan mendapatkan perhatian dan apresiasi sangat luar biasa dengan kegiatan ini,” kata Komaryadi.

Sementara itu salah seorang pekerja, Ny. Tirih mengatakan, dirinya terbantu dengan kegiatan ini karena sudah saatnya melakukan suntik KB di bidan.

“Bulan ini saya saatnya suntik KB lagi, Alhamdulillah di pabrik ada suntik gratis jadi kita ikutan,” katanya. (Aa Deni/Dedy-Diskominfo Indramayu).