Beranda
Peringatan Hari Pahlawan Dibutuhkan Sikap Patriotisme Positif dan Progresif  Zaman Now

Peringatan Hari Pahlawan Dibutuhkan Sikap Patriotisme Positif dan Progresif Zaman Now

Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri dan oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya. Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, dibutuhkan sikap patriotisme yang lebih positif dan progresif.

Hal tersebut disampaikan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika menjadi Inspektur Upacara yang membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 di Alun-Alun Indramayu, Jumat (10/11/2017).

Patriotisme sejati bukan hanya sekedar  mempertahankan, melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti asing.

“Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Tantangan dan persoalan yang kita hadapi saat ini memang berat.  Akan tetapi, kita tidak boleh putus pengharapan,” tegas Anna.

Anna menambahkan, para pahlawan kusuma bangsa telah mengajarkan arti penting perjuangan, ketabahan dan harapan. Bahwa siapa yang ingin memiliki mutiara, harus kuat menahan nafas,  dan berani terjun menyelami samudera yang sedalam-dalamnya.

“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember ini, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya , dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua, seperti takwa kepada Tuhan yang maha esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya pada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera, sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa,” katanya.

Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan, serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan  Republik Indonesia.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini,” ajak bupati. DENI SANJAYA / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu

alsancak escort