Beranda
Horee !! Perpustakaan Umum Buka Sampai Malam

Horee !! Perpustakaan Umum Buka Sampai Malam

INDRAMAYU.  Ikuti perkembangan zaman now, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu membuka layanan perpustakaan umum untuk masyarakat sampai dengan malam hari.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Indramayu, Wawang Irawan mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya buka sampai jam 16.00 yang mengikuti jam kerja, namun mulai Januari 2018 ini perpustakaan umum buka lebih lama.

Wawang menambahkan, saat ini layanan perpustakaan umum buka sampai jam 21.00 WIB, dengan ketentuan hari Senin – Jum’at buka dari jam 08.00 sampai jam 21.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu buka dari jam 08.00 sampai 15.30 WIB.

“Pada hari Minggu kita juga adakan perpustakaan keliling (Pusling) di Taman Cimanuk yang buka dari jam 07.00 sampai jam 11.00 WIB. Dengan adanya penambahan layanan jam buka diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indramayu,” tegas Wawang.

Tak hanya itu, layanan di perpustakaan umum Indramayu juga telah menyediakan banyak buku-buku baru, e- book, bahkan internet gratis dengan kecepatan 130 Mbps dan nantinya pula akan ada kegiatan pelibatan masyarakat yang akan terjadwal selama setahun ini.

Tujuan Dinas Kersipan dan Perpustakaan memberi semua layanan dan fasilitas ini, lanjut Wawang, yakni untuk membentuk masyarakat terutama anak-anak menjadi pribadi yang gemar membaca. Karena dengan banyak membaca, maka akan banyak pula pengetahuan yang kita raih. Selain itu, peluang kesuksesan pun akan semakin terbuka lebar.

“Selama ini banyak aspirasi dari pelajar dan masyarakat umum yang menghendaki agar perpustakaan umum bisa buka sampai malam. Hal ini karena waktu untuk mendapatkan bahan bacaan yang terbatas,” tegas Wawang.

Sementara itu pelajar SD Negeri Pabean Udik III, Raissa Daniswara ditemui ketika meminjam buku mengatakan, dengan bukanya perpustakaan umum sampai malam hari sangat membantu. Hal ini dikarenakan semenjak pagi hingga sore hari dirinya full di sekolahan sehingga tidak sempat ke perpustakaan. (Sumber : Insiyah / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu).