Kepemudaan
Dispora Lahirkan 1.000 Wirausaha Muda Baru

Dispora Lahirkan 1.000 Wirausaha Muda Baru

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu berkomitmen untuk melahirkan 1.000 wirausaha muda baru mulai tahun 2017 ini. Komitmen tersebut terungkap dalam Temu Wicara Wirausaha Muda penggerak perekonomian desa yang diselenggarakan di Pusat Pengembangan Wirausaha Muda Desa Tambi Lor Kecamatan Sliyeg, Rabu (10/5/2017). Selain melakukan pencanangan, Dispora juga mendorong wirausaha muda baru untuk lebih kreatif mengoptimalkan potensi dan sumber daya desa untuk mewujudkan konsep ‘satu desa, satu  produk’.

Kepala Dinas Pemuda dan Olaharga Kabupaten Indramayu Yudi Rustomo mengatakan, Temu Wicara Wirausaha Muda ini dimaksudkan untuk melahirkan wirausahawan muda baru yang mampu menjadi pelopor penggerak perekonomian menuju kesejahteraan pemuda, penguat perekonomian keluarganya, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Selain mengikuti temu wicara, mereka juga akan diberikan bekal pelatihan dan keterampilan, kemudian produk-produk mereka akan dipromosikan melalui pameran dan bazar, serta pusat belanja masyarakat. Promosi turut pula dilakukan melalui unit pemasaran bersama yang dibentuk dalam pertemuan tersebut.

“Temu wicara ini juga bertujuan untuk menggali potensi usaha-usaha yang dapat dimaksimalkan dengan memberdayakan pemuda,” ungkap Yudi Rustomo.

Yudi mengatakan upaya Dispora melahirkan 1.000 wirausahawan muda baru juga menjadi rangkaian dari upaya mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Indramayu Remaja yang religius, maju, mandiri, dan sejahtera. Sebab makna dari sejahtera adalah mampu memenuhi segenap kebutuhan hidup layak yang mencakup aspek sosial, budaya, ekonomi dan fisik. Terlebih pengembangan kewirausahaan pemuda menjadi salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Indramayu tahun 2016-2021.

“Beberapa narasumber kompeten dihadirkan dalam temu wicara ini. Selain memberikan motivasi, mereka juga memberikan cara-cara jitu untuk mengembangkan kewirausahaan,” tuturnya.

Hadir dalam temu wicara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) H Dudung Indra Ariska, Ketua DPD KNPI Indramayu Yoga Rahadiansyah, dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu Syaefudin. Peserta kegiatan ini merupakan para wirausahawan muda dari desa-desa seluruh Kabupaten Indramayu. Selanjutnya, seluruh aktivitas pengembangan wirausaha muda akan dipusatkan di masing-masing kecamatan dengan menyediakan ruang yang difungsikan pusat pengembangan wirausaha muda desa.